Tabel Data
Hubungan Antara Pendidikan Pesantren dan Prestasi terhadap Kepercayaan Diri Siswa
SUBJEK | X1 | X2 | Y |
ALI | 2 | 4 | 2 |
BINO | 2 | 4 | 2 |
CIKA | 1 | 4 | 1 |
DANI | 1 | 1 | 1 |
EPHA | 3 | 6 | 5 |
FATMA | 4 | 6 | 4 |
GUGUS | 5 | 3 | 7 |
HANDOKO | 5 | 4 | 6 |
IRA | 7 | 3 | 7 |
JANAKO | 6 | 3 | 8 |
KIRUN | 4 | 5 | 3 |
LAURA | 3 | 5 | 3 |
MAHMUD | 6 | 9 | 6 |
NIRA | 6 | 8 | 6 |
OZI | 8 | 6 | 10 |
PAMUNGKAS | 9 | 7 | 9 |
QONITA | 10 | 5 | 6 |
REZA | 9 | 5 | 6 |
SIGIT | 4 | 7 | 9 |
TEMON | 4 | 7 | 10 |
∑(Jumlah) | - | - | - |
JAWAB:
HIPOTESIS
Hipotesis Alternatif Mayor:
1. Ada Hubungan yang signifikan Pendidikan Pesantren dan Prestasi terhadap Kepercayaan Diri Siswa.
Hipotesis Nihil Mayor
2. Tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas membaca jurnal dan mereview skripsi terhadap kemampuan menyusun skripsi mahasiswa FIAI 2010.
Tabel Data
Persipan Perhitungan Analisis Korelasi Ganda
Antara Pendidikan Pesantren dan Prestasi terhadap Kepercayaan Diri Siswa
SUBJEK | X1 | X2 | Y | X12 | X22 | Y2 | X1X2 | X 1Y | X 2Y |
ALI | 2 | 4 | 2 | 4 | 16 | 4 | 8 | 4 | 8 |
BINO | 2 | 4 | 2 | 4 | 16 | 4 | 8 | 4 | 8 |
CIKA | 1 | 4 | 1 | 1 | 16 | 1 | 4 | 1 | 4 |
DANI | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
EPHA | 3 | 6 | 5 | 9 | 36 | 25 | 18 | 15 | 30 |
FATMA | 4 | 6 | 4 | 16 | 36 | 16 | 24 | 16 | 24 |
GUGUS | 5 | 3 | 7 | 25 | 9 | 49 | 15 | 35 | 21 |
HANDOKO | 5 | 4 | 6 | 25 | 16 | 36 | 20 | 30 | 24 |
IRA | 7 | 3 | 7 | 49 | 9 | 49 | 21 | 49 | 21 |
JANAKO | 6 | 3 | 8 | 36 | 9 | 64 | 18 | 48 | 24 |
KIRUN | 4 | 5 | 3 | 16 | 25 | 9 | 20 | 12 | 15 |
LAURA | 3 | 5 | 3 | 9 | 25 | 9 | 15 | 9 | 15 |
MAHFUD | 6 | 9 | 6 | 36 | 81 | 36 | 54 | 36 | 54 |
NIRA | 6 | 8 | 6 | 36 | 64 | 36 | 48 | 36 | 48 |
OZI | 8 | 6 | 10 | 64 | 36 | 100 | 48 | 80 | 60 |
PAMUNGKAS | 9 | 7 | 9 | 81 | 49 | 81 | 63 | 81 | 63 |
QONITA | 10 | 5 | 6 | 100 | 25 | 36 | 50 | 60 | 30 |
REZA | 9 | 5 | 6 | 81 | 25 | 36 | 45 | 54 | 30 |
SIGIT | 4 | 7 | 9 | 16 | 49 | 81 | 28 | 36 | 63 |
TEMON | 4 | 7 | 10 | 16 | 49 | 100 | 28 | 40 | 70 |
JUMLAH | 99 | 102 | 111 | 625 | 592 | 773 | 536 | 647 | 613 |
Keterangan X1= PENDIDIKAN PESANTREN
X2=PRESTASI
Y=KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Hasil datanya sebagai berikut:
N=20
∑X1=99 ∑X12=625 ∑X1X2=536
∑X2=102 ∑X 22=592 ∑X1Y=647
∑Y=111 ∑Y 2=773 ∑X 2Y=613
rYI = N ∑X 1Y – (∑X 1) (∑Y)
√[N ∑X12 – (∑X1)2] [N ∑Y2 – (∑Y)2 ]
√[N ∑X12 – (∑X1)2] [N ∑Y2 – (∑Y)2 ]
= 20x 647 –(99)x(111)
√{20x625 –(99)2}{20x773–(1112)}
= 12940 –10989
√{12500 –9801}{15460– 12321}
= 1951
√ 2699,3139
= 1951
2910,197
rYI = 0,6704013508 (dibulatkan menjadi= 0.67)
rY2 = N ∑X2Y – (∑X 2) (∑Y)
√[N ∑X22 – (∑X2)2] [N ∑Y2 – (∑Y)2 ]
√[N ∑X22 – (∑X2)2] [N ∑Y2 – (∑Y)2 ]
= 20x613 –(102)x(111)
√{20 x 592–(102)2}{20x 773–(1112)}
= 12260 – 11322
√{11840 - 10404}{15460– 12321}
= 938
√ 1436,3139
= 938
2123,11
rY2= 0,4418
=dibulatkan menjadi 0,44
r 1.2= N ∑X1X2 – (∑X 1) (∑X2)
√[N ∑X12 – (∑X1)2] [N ∑X22 – (∑X2)2 ]
√[N ∑X12 – (∑X1)2] [N ∑X22 – (∑X2)2 ]
= 20x 536 –(99) x (102)
√{20 x 592–(99)2}{20 x 592–(1022)}
= 10720 – 10098
√{12500- 9801}{11840– 10404}
= 622
√ 2699, 1436
= 622
1968,696
r 1.2 = 0,3159 (dibulatkan menjadi 0,32)
KORELASI LINIER GANDA:
RY1.2 = ry12 +ry22–2ry1ry2r1.2
√ 1-r1.22
RY1.2 = ( 0,672) +(0,442) – 2x0,67x 0,44 x0,32
√ 1−(0.322)
RY1.2 = 0,4489+ 0,1936 ─ 2 x0,67 x0,44 x0,32
√ 1−0,1024
= 0,6425 −0,188672
√ 0,8976
= 0,45
√ 0,8976
= √ 0,50501604
RY1.2= 0,711056681
=pembulatan 0,71
UJI SIGNIFIKANSI
F= R2:k
(1-R2): (N-k-1)
F= (0,71)2:2
(1-0,712): (20-2-1)
F= 0,5041:2
(1-0,5041): (17)
F= 0,25205
0,4959:17
F= 0,25205
0,02917
F=8,64072 dibulatkan menjadi 8,64
Harga Fhitung 8,64 FTabel α= 0,05 atau 5%, dk pembilang 2 dan dk penyebut 17 diperoleh 3,59 dan pada α=0,01 atau 1% sebesar 6,11. Harga Fhitung >FTabel, menunjukkan bahwa koefisien korelasi ganda yang kita peroleh adalah signifikan. Sebagai kesimpulan akhir, bahwa variasi kepercayaan diri siswa, sebesar 50.41% ditentukan bersama-sama oleh pendidikan pesantren dan prestasi.
Berarti Ha (hipotesis alteranif) diterima dan HO (Hipotesis nihil) ditolak, dengan begitu Ha Mayor diterima . Jadi, ada hubungan yang signifikan antara pendidikan pesantren dan prestasi terhadap kepercayaan diri siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar