Kamis, 22 Maret 2012

KORELASI LINIER GANDA


Tabel Data
Hubungan Antara Pendidikan Pesantren dan Prestasi terhadap Kepercayaan Diri Siswa

SUBJEK
X1
X2
Y
ALI
2
4
2
BINO
2
4
2
CIKA
1
4
1
DANI
1
1
1
EPHA
3
6
5
FATMA
4
6
4
GUGUS
5
3
7
HANDOKO
5
4
6
IRA
7
3
7
JANAKO
6
3
8
KIRUN
4
5
3
LAURA
3
5
3
MAHMUD
6
9
6
NIRA
6
8
6
OZI
8
6
10
PAMUNGKAS
9
7
9
QONITA
10
5
6
REZA
9
5
6
SIGIT
4
7
9
TEMON
4
7
10
(Jumlah)
-
-
-

JAWAB:
HIPOTESIS
Hipotesis Alternatif Mayor:
1. Ada Hubungan  yang signifikan Pendidikan Pesantren dan Prestasi terhadap Kepercayaan Diri Siswa.
Hipotesis Nihil Mayor
2. Tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas membaca jurnal dan mereview skripsi terhadap kemampuan menyusun skripsi mahasiswa FIAI 2010.


Tabel Data
Persipan Perhitungan Analisis Korelasi Ganda
Antara Pendidikan Pesantren dan Prestasi terhadap Kepercayaan Diri Siswa

SUBJEK
X1
X2
Y
X12
X22
Y2
X1X2
X 1Y
X 2Y
ALI
2
4
2
4
16
4
8
4
8
BINO
2
4
2
4
16
4
8
4
8
CIKA
1
4
1
1
16
1
4
1
4
DANI
1
1
1
1
1
1
1
1
1
EPHA
3
6
5
9
36
25
18
15
30
FATMA
4
6
4
16
36
16
24
16
24
GUGUS
5
3
7
25
9
49
15
35
21
HANDOKO
5
4
6
25
16
36
20
30
24
IRA
7
3
7
49
9
49
21
49
21
JANAKO
6
3
8
36
9
64
18
48
24
KIRUN
4
5
3
16
25
9
20
12
15
LAURA
3
5
3
9
25
9
15
9
15
MAHFUD
6
9
6
36
81
36
54
36
54
NIRA
6
8
6
36
64
36
48
36
48
OZI
8
6
10
64
36
100
48
80
60
PAMUNGKAS
9
7
9
81
49
81
63
81
63
QONITA
10
5
6
100
25
36
50
60
30
REZA
9
5
6
81
25
36
45
54
30
SIGIT
4
7
9
16
49
81
28
36
63
TEMON
4
7
10
16
49
100
28
40
70
JUMLAH
99
102
111
625
592
773
536
647
613
Keterangan X1= PENDIDIKAN PESANTREN
                      X2=PRESTASI
                       Y=KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Hasil datanya sebagai berikut:
N=20                     
X1=99             X12=625       X1X2=536
X2=102          X 22=592        X1Y=647
Y=111            Y 2=773         X 2Y=613


rYI  =                        N ∑X 1Y  – (∑X 1) (∑Y)
            √[N ∑X12 – (∑X1)2] [N ∑Y2  – (∑Y)2 ]

    =                  20x 647 –(99)x(111)
           {20x625 –(99)2}{20x773–(1112)}
      =                       12940 –10989
{12500 –9801}{15460– 12321}
    =                  1951
                 2699,3139
    =         1951
              2910,197
rYI   =       0,6704013508   (dibulatkan menjadi= 0.67)
 rY2 =                    N ∑X2Y  – (∑X 2) (∑Y)
            √[N ∑X22 – (∑X2)2] [N ∑Y2  – (∑Y)2 ]
     =                 20x613 –(102)x(111)
           {20 x 592–(102)2}{20x 773–(1112)}
      =                       12260 11322
{11840 - 10404}{15460– 12321}
     =                 938
                 1436,3139
     =        938
              2123,11
rY2=       0,4418
     =dibulatkan menjadi  0,44


r 1.2=                   N ∑X1X2 – (∑X 1) (∑X2)
            √[N ∑X12 – (∑X1)2] [N ∑X22  – (∑X2)2 ]
    =                  20x 536 –(99) x (102)
           {20 x 592–(99)2}{20 x 592–(1022)}

      =                       10720 10098
{12500- 9801}{11840– 10404}
     =                 622
                 2699, 1436
     =        622
              1968,696
r 1.2 =       0,3159  (dibulatkan menjadi 0,32)
KORELASI LINIER GANDA:
RY1.2 =  ry12 +ry22–2ry1ry2r1.2
                                                                           1-r1.22                     
RY1.2 =     ( 0,672) +(0,442) – 2x0,67x 0,44 x0,32
                                1−(0.322)
RY1.2 =     0,4489+ 0,1936 ─ 2 x0,67 x0,44 x0,32
√ 1−0,1024
        =       0,6425 −0,188672
                           0,8976
        =        0,45
                0,8976
        = √ 0,50501604
RY1.2= 0,711056681
           =pembulatan 0,71
UJI SIGNIFIKANSI
F=     R2:k
                (1-R2): (N-k-1)
             F=   (0,71)2:2
       (1-0,712): (20-2-1)
F=   0,5041:2
       (1-0,5041): (17)
F=   0,25205
       0,4959:17
             F=  0,25205
                   0,02917
             F=8,64072 dibulatkan menjadi 8,64

Harga Fhitung 8,64  FTabel α= 0,05 atau 5%, dk pembilang 2 dan dk penyebut 17 diperoleh 3,59 dan pada α=0,01 atau 1% sebesar 6,11. Harga Fhitung >FTabel, menunjukkan bahwa koefisien korelasi ganda yang kita peroleh adalah signifikan. Sebagai kesimpulan akhir, bahwa variasi kepercayaan diri siswa, sebesar 50.41% ditentukan bersama-sama oleh pendidikan pesantren dan prestasi.
Berarti Ha (hipotesis alteranif) diterima dan HO (Hipotesis nihil) ditolak, dengan begitu Ha Mayor diterima . Jadi, ada hubungan yang signifikan antara pendidikan pesantren dan prestasi terhadap kepercayaan diri siswa.
          






Tidak ada komentar:

Posting Komentar